[Game review]DISSIDIA Final Fantasy


"The reunion that will change their destiny"


Title : Dissidia Final Fantasy
Publisher : Square Enix
Genre : Dramatic Progressive Action
Platform : Playstation Portable (PSP)
Harga resmi : 6090 yen
Tanggal Rilis (Japan) : 18th Desember 2008 (Japan), US dan Europe TBA


Trailer


Setelah mengeluarkan seri Final Fantasy dengan setumpuk karakter2 didalamnya, Square Enix kemudian memikirkan untuk membuat Mega Crossover yang mempertemukan karakter Heroes dan Villains di tiap serinya dalam satu judul. Dissidia adalah game fighting yang menampilkan jagoan andalan di Final Fantasy. Cerita dalam game ini sendiri sebenarnya terpisah dari storyline utama seri Final Fantasy (yang tidak berkaitan satu dengan lainnya), namun lebih kepada sebuah seri Spin off (seperti Kingdom Hearts series) yang membuat jalur cerita baru.

Para Jagoan Final Fantasy mewakili Dewi Cosmos yang kemudian berusaha mencari Crystals untuk menciptakan keseimbangan di dunia. Sedangkan para karakter Villains mewakili God of Chaos yang bertentangan dengan Cosmos yang bertujuan menciptakan kekacauan. Setiap jagoan mempunyai jalan ceritanya tersendiri, meski nanti beberapa karakter didalamnya akan saling berhubungan dalam alur ceritanya tersebut, lengkap dengan stages dan Cutscenes.

Game ini juga mensupport Ad-hoc party (with PS3 only) dan juga Quick battle mode yang bias diakses dari menu utamanya. Semua level Karakter2 dan abilities didalamnya berhubungan dengan user profile yang mengikuti progress pengembangan karaktermu nanti. Versus Mode juga mendukung download dan uploading Ghost (bayangan) player lain, dan juga fitur untuk menyimpan replay bentuk avi maupun gambar JPG.

Characters



Warrior of Light
Voice: Toshihiko Seki
Concept: All Rounder
Description: Dikenal sebagai jagoan dari seri perdana FF series, seorang petarung yang baik dalam combat jarak dekat maupun jauh, dia juga bisa dikategorikan sebagai karakter yang imbang yang bisa mengatasi beberapa situasi dengan baik.

Garland
Voice: Kenji Utsumi
Concept: Reverse Standard
Description: Dari semua karakter dipihak Chaos, dia relative paling imbang. Sebagai karakter penyerang, serangannya disesuaikan berdasarkan seberapa besar tekanan tombol2 di PSP kamu.






Frioniel
Voice: Hikaru Midorikawa
Concept: Weapon Specialist
Description: Mirip dengan desain origininal karakter ini, dia adalah ahlinya berbagai tipe senjata. Variasi serangannya berdasarkan pengaplikasian berbagai macam senjata yang berbeda, memberinya keuntungan dalam berbagai macam pilihan.


The Emperor
Voice: Kenyuu Horiuchi
Concept: Trap Maker
Description: Dia adalah karakter yang taktis, yang bisa mengubah lingkungan disekitarnya untuk menyerang lawan, menggunakan perangkap dan “homing magic attacks”. Ada banyak trik dan tipuan yang menunggu lawan yang lengah.






Onion Knight
Voice: Jun Fukuyama
Concept: Magic or Sword
Description: Karakter ini mempunyai melee attacks dan juga magic attacks bersamaan, players dapat memilih untuk focus dalam salah satu gaya bermain atau mengkombinasikannya untuk menciptakan serangan yang mematikan. Dia juga terkenal sebagai karakter tercepat dalam barisan karakter2 Cosmos.


Cloud of Darkness
Voice: Masako Ikeda
Concept: Beam Master
Description: Gerakannya seperti layaknya awan yang menari di angkasa, tentacles yang keluar dari badannya mampu menyerang musuh dari jarak jauh. Dia juga ahli dalam menggunakan serangan particle beam jarak jauh untuk memaksa lawan terpojok.






Cecil Harvey
Voice: Shizuma Hodoshima
Concept: Style Change
Description: Dia mempunyai dua gaya gaya bermain dalam satu karakter. The Dark Knight lamban tapi sangat kuat dalam menyerang yang bemain di pertarungan darat.Sementar Paladin adalah specialist di mid-air combat yang lebih baik dalam pergerakan dan pertahanan. Terserah kepada player untuk memilih satu diantara dua gaya tersebut dalam pertarungan nanti.


Golbez
Voice: Takeshi Kaga
Concept: Double Attack
Description: Seorang karakter yang tidak biasa yang mempunyai kemampuan yang cukup rumit. Setiap serangan yang dia lancarkan adalah dua serangan bersamaan, masing2 dengan jangkauan yang berbeda. Meskipun dia memakai armor yang terlihat berat, gerakannya sama sekali tidak terbatasi.






Butz Klauser
Voice: Souichirou Hoshi
Concept: Utility Player
Description: Dia adalah awal dari Mimic Job class khas Final Fantasy, untuk itu serangannya dipinjam dari semua karakter2 Cosmos berikut dengan persenjataannya. Semua bergantung player untuk memaksimalkan kemampuan tersebut untuk menciptakan combo yang mematikan gabungan dari kemampuan beberapa karakter2 tersebut.


Exdeath
Voice: Tarou Ishida
Concept: Guard Counter
Description: kebanyakan dari kemampuan dan aksinya memasukkan unsure bertahan, tapi ia berhasil melindungi dari berbagai serangan dan kemudian menggunakan counter attack yang mematikan. Berhubung dengan style yang dia miliki, gerakannya relative lebih lambat.






Tina Branford
Voice: Yukari Fukui
Concept: Magic Master
Description: Karakter yang paling imbang dalam hal penggunaan Magic dalam game ini, dia mempunyai jangkauan dan melee magic attacks dalam perlengkapannya. Dia juga bisa melanjutkan mantranya bersamaan dengan deretan combos.


Kefka Palazzo

Voice: Shigeru Chiba
Concept: Trickster
Description: Sementara dia umumnya sebagai Magic user, serangannya selalu tidak terprediksi, gerakan dan perilakunya kadan membuat lawan menjadi bingung. Mantranya bisa bersamayam dalam diri musuh, dan gaya permainannya bergantung pada memancing lawan untuk membuat kesalahan2 bodoh.






Cloud Strife
Voice: Takahiro Sakurai
Concept: Smash and Blow
Description: Okay, cool guy dari FF VII ini lebih sering menyerang musuh dengan kekuatan yang besar. Dengan mendorong musuh ke berbagai objects, walls, etc., lawan menderita damage tambahan selain serangan utamanya. Dia juga mempunyai beberapa serangan udara untuk melanjutkan serangan kepada musuh yang terlontar ke udara.


Sephiroth
Voice: Toshiyuki Morikawa
Concept: Blade Master
Description: Seorang Sword Master sejati yang menyerang lawan dengan kecepatan cahaya, kepada musuh pedangnya hamper tidak kelihatan. Dia juga mempunyai berbagai variasi serangan, dan tiap players pasti dapat mencari salah satu yang jadi favourite nya.






Squall Leonhart
Voice: Hideo Ishikawa
Concept: Combo Master
Description: Seperti game yang jadi asalnya, tiap serangannya selalu berisikan lebih dari satu jurus serangan saja. Kelebihan dari kemampuannya ini bergantung kepada bagaimana semuanya berkontribusi jadi sebuah combos dan tetap membuat musuh terperangkap dalam rangkaian serangan melee.


Ultimecia
Voice: Atsuko Tanaka
Concept: Magic Shooter
Description: Dia utamanya seorang spell spammer jarak jauh, dan semaikin cepat menekan tombol2 dia akan dengan melanjutkan serangan itu dalam rangkaian spell attack combos. Serangannya juga membolehkan dia untuk menahan sebuah tombol untuk charge kemudian melanjutkannya dengan serangan magic yang lebih besar.






Zidane Tribal
Voice: Romi Park
Concept: Air Master
Description: Seorang petarung cepat dan lincah yang bergerak layaknya manusia super, udara adalah lapangan bermain favourite nya. Ketka ia transformed dalam Trance mode, pergerakan dan kecepatannya bertambah jadi lebih cepat lagi.


Kuja
Voice: Akira Ishida
Concept: Range Free
Description: Mampu untuk terbang bebas di angkasa tanpa peduli dengan dunia bawah, dia juga dengan mudah mengganti arah dan mengganti serangan ditengah pertarungan. Karena ia tidak terikat dengan gravitasi dan normal physics, jangkauan dan jarak antara dia dan musuh seakan tak berarti apa apa.






Tidus
Voice: Masakazu Morita
Concept: Dodge Attacker
Description: Karakter dengan mobilitas tinggi yang menspesialisasikan pada gerakan dodge dan rangkaian counter attacks yang yang mematikan. Skill set nya juga memasukkan kemampuan Overdrives dari game asalnya.

Jecht
Voice: Masuo Amada
Concept: Ultimate Infighter
Description: Paling kuat dan paling fokus pada serangan melee dari semua karakter di line-up. Dia juga mempunyai power serangan yang sangat tinggi yang bisa mendominsaiknnya dalam serangan jarak pendek. Dia punya serangan yang banyak dan kemampuan yang dinamis, seperti the “True Jecht Shot” yang menendang sebuah meteor panas ke arah lawan.






Shantotto
Voice: Megumi Hayashibara
Concept: Level Up Magic
Description: Cuma satu line-up FF XI online, Shantotto memiliki jumlah Brave yang bisa turun naik, begitu pula dengan jumlah spells nya. Ketika ia menggunakan HP attack, dia bisa sekaligus menariknya menjadi rangkaian cobo yang bersambung. Akan tetapi, serangan HP tersebut bisa jadi lebih rumit untuk menjadikannya sebuah rangkaian combo yang sukses.






Gabranth
Voice: Akio Otsuka
Concept: Unknown
Description: Belum ada deskripsi yang jelas akan karakter ini

Screen Shot







Credit to Gamexeon

No comments: